OWNER BLESSING CELULER DAN  MANTAN LURAH GIRIAN ATAS DIDUGA TERKAIT PENGGELAPAN TANAH KELUARGA

 

MHN Bitung 20 – Desember – 2021

Lagi-lagi kota bitung dihebohkan dengan di duganya penggelapan tanah yang ada di girian atas. Tanah yang diketahui milik dari almarhum gerald Lewan, Dijual oleh Owner blessing celuler yang diketahui bernama Arthur Wiliam tanpa sepengetahuan pihak keluarga Lewan.

 

“Ko Arthur memang pernah beli tanah pa torang pe orang tua tahun 2016 saat itu orang tua masih hidop (saat ini orang tua kami sudah meninggal) mar tanah yang dia beli depe isi kurang lebih 700m sesuai peta dalam sertifikat. ini torang kage dia so jual sampe tanah 5m yang nyanda termasuk dalam penjualan waktu itu.” ujar Ronny Lewan anak tertua dari empat bersaudara ahli waris(dalam bahasa manado).

Arthur saat di konfirmasi di conter blessing cellular menyatakan “memang betul tanah tersebut kita ada jual,pada waktu penjualan pun lurah girian atas waktu itu masih ibu.Florce rantung mengetahui jadi kita rasa so sesuai prosedur. Kita pun jual itu tanah lantaran pada waktu kita ada beli tanah pa keluarga lewan,itu tanah 5m dia so kase bonus pa kita. Cuman pada waktu kita so jual ulang itu tanah,dorang gerald pe anak ada manuntut sampe ke kelurahan. Waktu urus di kelurahan kita kan so siap mo bayar itu tanah ta lebeh asal dorang kase bukti kepemilikan. Karena sampe sekarang dorang nda kase tunjung dorang pe dasar hak kepemilikan,maka kita cari tau itu tanah sapa depe pemilik, akhirnya kita dapa informasi bahwa tanah itu masih milik keluarga shaman. Maka kita bayar noh pa keluarga shaman” Ujar arthur (dalam bahasa manado).

“Kita memang tau penjualan tanah itu. Setau kita tanah itu di register no 88 masih hak milik hasan Shaman dan waktu penjualan kita so kase pemberitahuan melalui kelurahan. Mar kalau mo lebeh jelas soal penjualan tanah ini lebeh bae tanya langsung jo pa Om Herman sadia. Soalnya dia saksi penjualan waktu itu” ujar mantan lurah Girian Atas Florce Rantung.

“Soal penjualan tanah itu kita tau, Waktu arthur ada beli kita kwa sebagai saksi,kalo soal penjualan tanah yang 5m setau kita itu bukan keluarga lewan punya. Tanah itu milik keluarga shaman setau kita deng soal penjualan itu sampe lurah waktu itu ibu. Florce leh kwa ada ba jual tanah waktu itu sama sama dng ko arthur” Ujar herman. (dalam bahasa manado)

Sherly lewan, salah satu anak dari gerald lewan merasa keberatan atas tindakan dari ko arthur dan mantan lurah yang telah menjual tanah milik keluarga mereka. “Tanah yang ko arthur ada jual itu torang pe orang tua ada beli dari keluarga shaman dan tanah itu kapling terakhir Makanya tanah itu ada kelebihan 5m. Bukti pembelian kapling itu ada pa torang. Atas dasar apa ko berani jual itu tanah? Sedangkan ko nda ada bukti kepemilikan. Kalaupun ko sampe ada bukti sertifikat,berarti ko dng mantan lurah girian atas so bermain akang itu tanah torang punya. Kan ko nda ada bukti hibah ataupun pembelian dari pa torang pe orang tua. Yang beking kita heran kiapa ko so jual lebeh dulu itu tanah baru ko mo pi bayar pa keluarga shaman? Dari sini kan so terlihat bahwa ko arthur so ada niat nda bagus. Kalo merasa kwa itu bukan dia punya deng nyanda ada bukti kepemilikan kiapa dia berani jual? Kong nanti so jual baru mo pi cari sapa yang punya? dari sini saja kan so terlihat niat nda bagus nya dorang ko. torang keluarga cuman mo manuntut apa yang torang punya Kalaupun ko so tasalah jual, torang cuman mo minta torang pe hak itu saja.” ujar Sherly.

 

Pihak keluarga saat di konfirmasi tindak lanjut yang akan di ambil terkait masalah ini menyatakan. “Kami sekeluarga sudah menempuh jalur mediasi bersama ko arthur dan ibu florce. Rencana hari kamis nanti kami akan bertemu kembali untuk perundingan masalah ini. Bila hari kamis nanti tidak ada itikad baik dari ko arthur maka kami akan lanjutkan masalah ini ke jalur hulum.”  Ujar Meike Lewan salah satu anak dari gerald lewan.

 

Naldy S

Editor : Clain S

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *