PELAKSANAAN KEGIATAN SISTEM CEPAT PENANGANAN ODGJ TERPADU (SICEPOT) UPTD PUSKESMAS TIPAR BERUPA PELAYANAN VAKSINASI COVID 19 TERHADAP ODGJ (ORANG DALAM GANGGUAN JIWA).

Jawa Timur148 views

Pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2021 pukul 09.00 Wib s.d selesai bertempat di Pondok Pesantren Sunanul Aulia Jl. Pemuda 2 Rt. 001 Rw. 006 Kel. Tipar Kec. Citamiang Kota Sukabumi telah di laksanakan kegiatan pelayanan kesehatan terhadsp ODGJ berupa pelayanan Vaksinasi Covid 19.

Pelayanan Covid 19 yang di selenggarakan oleh Puksekmas Tipar tidak hanya untuk ODGJ melainkan masyarakat umum serta para pelajar/santri yang ada di Pondok Pesantren Sunanul Aulia.

OGDJ yang akan nenerima Vaksinasi sebelumnya di data terkebih dahulu oleh RT / RW setempat, untuk ODGJ yang stabil akan di bawa ke lokasi, sedangkan ODGJ yang kondisinya tidak memungkinkan maka tim medis akan melakukan vaksinasi di rumah / tempat ODGJ berada (on the spot / mapay imah).

4. Kegiatan tersebut di hadiri :

a. Walokota Sukabumi
b. Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi
c. Camat Citamiang
d. Kapolsek Citamiang
e. Danramil Citamiang
f. Kepala Puskesmas Tipar
g. Kepala Pondok Sunanul Ualia
h. Tenaga medis

Adapun inti dari sambutan Wali Kota Sukabumi : Kesehatan jiwa bukan hanya sekedar terbebas dari gangguan jiwa, tetapi juga merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Kesehatan jiwa merupakan perasaan sehat dan bahagia serta mampu mengatasi masalah kehidupan, dapat menerima orang lain apa adanya dan mempunyai sikap dan pikiran ositif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Vaksinasi ODGJ merupakan salah satu bentuk pemberian pelayanan kesehatan terhadap ODGJ.

Dalam hal penanganan ODGJ tidak bisa hanya dilakukan oleh Puskesmas saja, tetapi diperlukan koordinasi dan kerjasama yang cepat dengan Lintas Sektor yang terkait, oleh karena
itu UPTD Puskesmas Tipar membentuk inovasi dalam penangananODGJ tersebut yaitu “SICEPOT” Sistem Cepat Penanganan ODGJ Terpadu.
“SICEPOT” adalah sistem penanganan ODGJ secara cepat dengan melibatkan semua sektor yang terkait dalam menanggulangi pasien dalam kondisi mengamuk atau meresahkan masyarakat yang melibatkan sektor terkait diantaranya : Dinas Kesehatan, Dinas Sosial,
Polsek, Koramil, Kelurahan, LSM dan Tokoh Masyarakat di wilayah UPTD Puskesmas Tipar.

Tujuan dari SICEPOT adalah untuk memberikan pelayanan
kesehatan yang mudah untuk masyarakat terutama bagi masyarakat
yang membutuhkan pelayanan kesehatan jiwa dan membutuhkan
penanganan ODGJ dengan segera.

Kegiatan masih berjalan dengan aman dan lancar, Polsek Citamiang bekerja sama denga instasi terkait melaksanakan pengamanan di lokasi kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Citamiang AKP SUWAJI, S.IP.

Untuk data jumlah Vaksinasi ODGJ maupun masyarakat umum akan di laporkan setelah kegiatan selesai.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *