Sang Saka Merah Putih Berhasil Dikibarkan di Puncak Gunung Gamalama

Uncategorized242 views

MHN MALUKU UTARA, 17 Agustus 2021……Pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di puncak Gunung Gamalama Ternate ini berlangsung dengan hikmat.

Munurut data melalui pos penjagaan jalur pendakian Kelurahan Moya, Kec. Ternate Tengah terdapat lima ratus (500) orang peserta pendakian yang terbagi atas masyarakat umum, mahasiswa serta komunitas pencinta alam lainya. Senin 16/08.

Menurut petugas penjagaan lima ratus (500) orang peserta pendakian yang ada di data kami ini belum real atau valid ketika bandingkan dengan yang ada di lokasi puncak, hal ini karena mingingat kemungkinan besar beberapa mahasiswa, masyarakat dan komnitas lainnya dalam pendakian melewati jalur lain seperti, Kel. Moya, Kel. Foramadiai serta jalur-jalur lainya. Tuturnya.

Kitika samapai pada lokasi puncak, kami awak media MHN Maluku Utara, mempersiapkan diri untuk meliput Pengibaran Bendera Merah Putih. Namun mejelang beberapa waktu hingga sampai pada pukul 08:10 apa yang kami inginkan pun terkendala karena tidak ada komunnitas atau kelompok satu pun yang mempersiapkan untuk upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76.

Olehnya itu kami awak media MHN Maluku Utara berinsiatif untuk berkoordinasi dengan teman-teman pendaki lainya agar melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Hasil koordinasi dan komunikasi kami pun berbuah manis serta direspon aktif dan juga positif oleh teman pendaki lainya. Sehingga dari hasil kesepakatan kami pun bersepakat bahwa yang bertugas sebagai pengibaran bendera merah putih adalah mereka telah purna dari Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) dan juga anggota Pramuka.

Setelah kami berkoordinasi dan akhirnya mendapatkan teman-teman purna Paskibraka serta anggota Paramuka, Kami selanjutnya mempersiapkan segala sesuatu untuk pengibaran bendera Merah Putih. Sehingga tepat pada pukul 09:00 Sang Saka Merah Sukses di kibarkan di puncak gunung Gamalama dan diberi penghormatan secara bangga oleh seluruh teman-teman pendaki yang berada di lokasi pengibaran.

Zulfahmi Ar kharie dalam wawancaranya merasa bangga dan senang karena di HUT RI ke-76 ini, dapat dipercayai sebagai pemimpin upacara.

“Ini menjadi kebanggan besar bagi saya ketiaka dulu di tahun 2015 pada waktu saya masih duduk bangku SMA, saya perna dipercayai mengambil bagian dalam Pasukan Pengibaran Bendera merah putih, dan di hari saya di tunjuk untuk memimpin upacara dan itu sangatlah mensangkan karena hal ini dapat terjadi dan itu berlokasi di puncak Gamalama”. Tuturnya.

Senada dengan itu Zulfahmi pun berharap semoga di HUT RI Ke-76 ini, Indonesia dapat cepat pulih dari Covid-19.

Nama-nama Petugas Upacara Sangsaka Merah:

  1. Zulfahmi Ar Kharie (Purna Paskibraka Tahun 2015
    Bertugas Sebagai Pemimpin Upacara
  2. M. Rafi Irfan Araie (Anggota Paramuka Racana IAN Ternate)
    Bertugas Sebagai Pengait
  3. Rindi Hanafi (Purna Paskibraka Tahun 2020
    Bertugas Sebagai Pembawa Bendera
  4. Dani Kayely (Purna Paskibraka Tahun 2015)
    Bertugas Sebagai Pembentang

Apriyanto Tjao
Kabiro Koresponden MHN MALUT

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *