Tommy Seon Gandeng Disdukcapil Buat Dokumen Kependudukan Desa Makaaroyen

Minsel, MHN – Tinggal menghitung beberapa hari lagi masa bakti sejumlah Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), salah satu di antaranya Hukum Tua Desa Makaaroyen Kecamatan Modoinding Tommy Seon.

Namun sudah mau berahir masa bakti periode Hukum Tua, Tommy Seon tetap menunjukkan sikap loyalitas terhadap apa yang menjadi program pemerintah dalam hal ini Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, M.Th, seperti program Jempol Hebat.

Hukum Tua Desa Makaaroyen Tommy Seon disela-sela pendaftaran pembuatan dokumen kependudukan pada Rabu, (12/10-2022) mengatakan, namun jabatan saya sebagai Hukum sudah mau berakhir tapi saya harus menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam.rangka pembuatan dokumen kependudukan.

“Namun jabatan saya sudah mau berakhir karena tinggal beberapa hari lagi, tapi saya merasa bertanggung jawab atas dokumen kependudukan masyarakat Desa Makaaroyen seperti, Perekaman KTP-E, Pencetakan KTP-E,, Kartu Identitas Anak (KIA), Pembuatan Kartu Keluarga, Akte Lahir, Akte Nikah, Akte Kematian, dan Akte Cerai, karena Pemerintah yang bertanggung jawab adalah yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) semaksimal mungkin sekalipun jabatannya sudah mau berakhir,” kata Hukum Tua Makaaroyen Tommy Seon.

Seon juga menambahkan bahwa Program Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati, Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh benar-benar menyentuh masyarakat.

“Apa yang sudah di programkan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh menyangkut Jempol Hebat sangat menyentuh masayarakat apa terlebih bagi masyarakat yang ada di Desa Makaaroyen yang sangat jauh dengan Kantor Disdukcapil,” tamba Seon.

Camat Modoinding Patrio Merdeka Tandaju, SE, merasa sangat bersyukur atas kepedulian Bapak Bupati Franky Donny Wongkar,SH dan Bapak Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh yang mampu berinovasi dengan program Jempol Hebat.

“Saya sebagai Camat Modoinding sangat bersyukur memiliki pemimpin yaitu Bapak Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Bapak Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh yang mampu berinovasi atau membuat inovasi yaitu sesuatu yang baru seperti Jempol Hebat yang sangat memberikan kepuasan kepada masyarakat,” ucap Camat Modoinding Patrio M. Tandaju.

Patrio Tandaju juga mengapresiasi sikap bijak dari Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Minsel Dekky Tuwo, S.Sos dan Sekertaris Dinas (Sekdis) Dukcapil Herry S. Tandaju, SE termasuk para Kabid bahkan Operator dan Administrasi Data Beis (ADB) yang sudah menindak lanjuti program Jempol Hebat Bupati dan Wakil Bupati Minsel FDW-PYR.

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada Kadis Dukcapil bapak Dekky Tuwo, S.Sos dan Sekdis Dukcapil Herry S. Tandaju, SE bahkan para Kabid, operator, dan ADB yang dengan cepat menindak lanjuti program Jempol Hebat ini, dimana masyarakat sangat merasakan dampak positif karena disamping melakukan Jemput Bola, sudah melakukan kegiatan pelayanan pembuatan Dokumen Kependudukan yang hemat waktu dan biaya transportasi, Efektif efisien, Bersih, Akuntable akurat dan Transparan tidak ada pungutan biaya yaitu pelayanan yang gratis,” ungkap Patrio Tandaju.

Kadis Dukcapil Dekky Tuwo melalui Sekdis Dukcapil Herry S. Tandaju mengatakan bahwa Program Jempol Hebat adalah program yang digagas oleh Bapak Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Bapak Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni rembang, MTh yang harus kami tindak lanjuti menyapa secara langsung kepada masyarakat baik di Desa/Kelurahan maupun dirumah warga.

“Program Jempol Hebat adalah suatu program yang digagas secara langsung oleh Bapak Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Bapak Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh, yang harus dengan cepat kami tindak lanjuti jadi langsung kami eksekusi untuk secara langsung menyapa masyarakat di Desa/Kelurahan maupun di rumah warga yang sudah lanjut usia (lansia), Disabilitas, dan bagi yang sakit untuk percepatan pembuatan dokumen kependudukan masyarakat,” kata Kadis Dukcapil melalui Sekdis Dukcapil Herry S. Tandaju, SE.

Sekdis Dukcapil Herry S. Tandaju juga menambahkan, kami ingin membuat yang terbaik kepada masyarakat sebagai mana yang diperintahkan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh, namun masi banyak yang kami butuhkan dalam pelayanan secara langsung jempol hebat.

“Kami ingin membuat yang terbaik kepada masyarakat sebagai mana yang diperintahkan Bupati Franky Donny Wonggkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh terkait pembuatan dokumen kependudukan, namun masih banyak yang kami butuhkan guna menunjang pelaksanaan pelayanan secara langsung terkait jempol hebat yaitu masih kurangnya perangkat lunak dan perangkat keras di Disdukcapil,” tambah Sekdis Dukcapil Herry S. Tandaju.

Administrasi Data Beis (ADB) Disdukcapil Minsel Maikel John Tuwo (Kelo) mengatakan siap melaksanakan dan mengamankan perintah Pimpinan dalam hal ini Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh.

“Sebagai ADB, saya siap melaksanakan dan mengamankan perintah pimpinan dalam hal ini Bupati Franky Donny Wobgkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MTh untuk melakukan pembuatan dokumen kependudukan yaitu program jempol hebat di pelosok Desa mana pun yang ada di Minsel, asalkan Desa tersebut memiliki jaringan yang baik dan lancar,”kata Kelo.

Sebagaimana hasil pantauan wartawan Media Hukum Nasional, kegiatan pembuatan dokumen kependudukan yang bertempat dirumah Hukum Tua Desa Makaaroyen Tommy Seon, berlangsung sampai pukul 22.10 (wita).
(Anky P).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *